Berita

Tingkatkan kualitas kader Bina Keluarga Remaja (BKR) di kampung KB, Dinas PMD P3A dan PPKB Kab. Pekalongan adakan pelatihan bagi kader BKR

(Lolong, 30/9/2020) Generasi Berencana atau yang sering kita dengar dengan sebutan GenRe merupakan program untuk memfasilitasi terwujudnya remaja yang berperilaku sehat, terhindar dari perilaku Triad KRR (Seksualitas, HIV/AIDS dan Napza), PUP (Pendewasaan Usia Perkawinan) dan mempunyai perencanaan dalam mempersiapkan kehidupan keluarga di masa depan kelak.

Perkembangan remaja tidak bisa lepas dari pengaruh keluarga terutama orangtua, yang dimana sosoknya berperan penting sebagai penyedia lingkungan pendidikan pertama bagi remaja, terutama pendidikan moral. Dalam mewujudkan generasi berencana dibutuhkan pengetahuan khusus mengenai informasi tentang remaja bagi orangtua. Hal tersebut dapat dilakukan melalui pembinaan kelompok BKR (Bina Keluarga Remaja), yang merupakan program strategis yang dicanangkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Sasaran program ini adalah orangtua yang mempunyai anak remaja sebagai wadah atau sumber informasi bagi orangtua dalam memperoleh informasi tentang remaja.

Bertempat di Aula Desa Wisata Lolong Kecamatan Karanganyar, telah dilaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Bagi Pengurus BKR (Bina Keluarga Remaja) di Kampung KB Kab.Pekalongan hari Rabu, 30 September 2020. Kegiatan ini diadakan oleh Dinas PMD P3A dan PPKB Kabupaten Pekalongan yang dihadiri oleh perwakilan pengurus BKR di masing-masing kampung KB Kabupaten Pekalongan. Dalam kegiatan ini 25 peserta perwakilan kelompok BKR terlihat sangat antusias. Hadir dalam kegiatan ini perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah yaitu Nurulia Naila Sari, S.Gz sebagai salah satu pemateri yang menyampaikan materi mengenai Perkembangan Remaja dan Substansi GenRe. Diharapkan peserta mampu memahami tentang bagaimana perkembangan remaja, dan bagaimana seharusnya orangtua berperan didalamnya, karena orangtua sangat berperan penting yang berperan sebagai control system dalam membimbing remaja terutama saat masa-masa pertumbuhan dan perkembangannya.

 

Selain itu, disampaikan juga materi mengenai pokok kegiatan BKR dan peningkatan kapasitas BKR oleh M. Zainudin Edi, S.E., M.M selaku Kasie. K3 bidang PPKB di Dinas PMD P3A dan PPKB Kabupaten Pekalongan. Hal ini disampaikan agar masing-masing kelompok BKR mampu memahami apa itu BKR dan bagaimana pokok kegiatan serta pengelolaannya, agar setelah kegiatan peningkatan kapasistas ini masing-masing kelompok dapat lebih aktif dalam menjalankan kegiatan kelompok BKR-nya masing-masing.

Tidak hanya penyampaian materi yang disampaikan oleh dua pemateri tersebut, namun juga dilakukan demonstrasi permainan GenRe Kit oleh Forum GenRe Kabupaten Pekalongan. Peserta yang sebagian besar dihadiri oleh ibu-ibu tersebut cukup antusias dalam mengikuti permainan. Ular tangga GenRe dipilih sebagai salah satu permainan yang ada dalam GenRe Kit untuk menguji dan meningkatkan pengetahuan ibu-ibu mengenai remaja, mulai dari perkembangan remaja sampai Triad KRR. Harapannya setelah kegiatan ini peserta mampu menerapkan dan meneruskan ilmu yang didapatkan untuk masing-masing kelompok BKR di Kampung KB.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close