• 085640764446
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Berita

Juara 1 Lomba Desa
Penyerahan Hadiah Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2022

Kajen, 25 Agustus 2022 dalam acara malam resepsi Hari Jadi Kabupaten Pekalongan Ke-400 tahun sekaligus Pembukaan Pekan Raya Kajen (PRK) atau Kajen Expo Bupati Pekalongan secara langsung menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2022.

Juara 1 dimenangkan oleh Desa Sidomulyo Kecamatan Lebakbarang, juara 2 dimenangkan oleh Desa Blimbingwuluh Kecamatan Siwalan dan juara 3 dimenangkan oleh Desa Karangsari Kecamatan Bojong. Kegiatan Lomba Desa dan Kelurahan tersebut sebelumnya sudah dilakukan evaluasi oleh Pemerintah Kabupaten Pekalongan pada tanggal 20 - 22 Juni 2022. Dimana ada 6 Desa yang menjadi nominasi dalam kegiatan Lomba Desa dan Kelurahan tersebut.


Peningkatan Kapasitas Bagi Anggota BPD Kab. Pekalongan

Kajen 22 Juni 2022, Dinas PMD Kab. Pekalongan mengadakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas bagi Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dilaksanakan pada tanggal 22 – 23 Juni tahun 2022 bertempat di Aula Lantai 3 Setda Kab. Pekalongan.

Peserta Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas bagi Anggota BPD diikuti oleh perwakilan dari tiap Kecamatan dimana tiap Kecamatan diwakili oleh 6 – 8 orang. Dalam acara tersebuat ada beberapa narasumber, pada hari pertama antara lain:

  • Bapak Abdul Baqi, S.H., S.PN. dari Staf Ahli Bupati. Dalam sambutannya beliau berharap setelah para anggota BPD ini menerima materi dalam acara ini bisa melaksanakan tupoksinya dengan baik sehingga kedepan desanya semakin maju dan berkembang,
  • Bapak Drs. Sugino, M.Si dari Dinas PMD Kab. Pekalongan selaku Plt. Kepala Dinas, dengan materi Tugas Pokok dan Fungsi Anggota BPD,
  • Ibu Herniyanti, S.H., M.Par dari Bagian Hukum Setda Kab. Pekalongan, dengan materi Penyusunan Produk Hukum Desa,
  • Bapak Edhi Setiawan, S.P., M.Si dari Dinas PMD Kab. Pekalongan selaku Kabid Administrasi Pemerintahan Desa, dengan materi Proses Perencanaan. Untuk hari kedua juga ada beberapa narasumber, antara lain:
  • Bapak Ir. Rusdiyono selaku Kepala Desa Paninggaran Kec. Paninggaran, dengan materi Sinergitas dengan BPD dalam membangun Desa,
  • Bapak Suci Mardiko, S.H selaku Ketua BPD Sumurjomblangbogo Kec. Bojong,
  • Bapak Didi Hermantho, S.STP., MM dari Inspektorat Kab. Pekalongan,

 

Dengan dilaksanakannya Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas bagi Anggota BPD, maka diharapkan para anggota BPD dapat lebih memahami Tugas Pokok dan Fungsi dari BPD dan dapat bekerjasama dengan Pemerintahan Desa untuk membangun Desa agar lebih maju.


Pembukaan Pembekalan Bimbingan Teknis Bagi Kepala Desa Terpilih tahun 2022 dan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu

kajen, 31 Mei 2022 Dinas PMD Kabupaten Pekalongan melaksanakan Bimbingan Teknis bagi Kepala Desa Terpilih Tahun 2022 dan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu di Aula Lantai I Setda Kab. Pekalongan. 

Dalam sambutannya Bupati Pekalongan Fadia Arafiq meminta para Kepala Desa dapat mentaati aturan-aturan yang berlaku selama menjabat. 

“Yang harus kita lakukan adalah mentaati aturan, sesuai dengan aturan dan berbuat yang terbaik untuk desa yang dipimpin,” tutur bupati. Oleh karenanya bupati berharap agar para Kepala Desa dapat memanfaatkan kegiatan pembekalan yang berlangsung untuk menambah pengetahuan dan pemahaman terkait aturan-aturan, “Manfaatkan acara pembekalan ini dengan baik. Ilmunya harus benar-benar masuk,” ujar bupati.

Bupati juga mengharapkan peran serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Kapolres, dan Kejaksaaan Negeri untuk dapat bersama-sama membantu dan membimbing para Kepala Desa untuk lebih memahami aturan yang berlaku dan tanggung jawab yang diemban.

Pada kesempatan tersebut bupati juga berpesan agar para Kepala Desa dapat tertib dalam penyusunan RPJMDesa yang dikerjakan paling lambat 3 bulan setelah dilantik sebagai dokumen wajib dan acuan Pemerintahan Desa dalam melaksanakan Pembangunan di Desa.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Drs. Sugino, M.Si. melaporkan, kegiatan pembekalan tersebut diikuti sebanyak sebanyak 36 orang Kepala Desa yang terdiri atas 32 orang Kepala Desa dari Pilkades Serentak Tahun 2022 dan 4 orang Kepala Desa Antar Waktu Tahun 2021 – 2022. Rencananya, setelah Pembukaan hari ini acara pembekalan akan berlanjut pada tanggal 2 – 5 Juni 2022 di Balai Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri di Yogyakarta.


Sosialisasi Dana Desa TA 2022
Sosialisasi Penyaluran Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2022

Kajen, 09 Maret 2022 Dinas PMD Kabupaten Pekalongan melaksanakan Sosialisasi terkait Penyaluran Dana Desa Tahun Anggaran 2022. Sosialisasi dilaksanakan di Aula Lantai 1 Setda Kabupaten Pekalongan, dalam sosialisasi tersebut diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari Camat, Tenaga Ahli, Perwakilan Kepala Desa se - Kabupaten Pekalongan dan Pendamping Desa.

Dalam sambutannya Bupati Pekalongan Fadia Arafiq menjelaskan bahwa Dana Desa wajib dianggarkan dan dilaksanakan untuk Program Perlindungan Sosial berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa paling sedikit 40 % (empatpuluh persen), Program Ketahanan Pangan dan Hewani paling sedikit 20 % (duapuluh persen) dan dukungan pendanaan pananganan Corona Virus Disease 2019 (COVID - 19) paling sedikit 8 % (delapan persen) dari pagu Dana Desa setiap Desa.

Bupati juga berharap agar para Kepala Desa dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat . "Kita adalah tokoh, kita adalah panutan. Oleh karena itu, jaga tingkah laku dan nama baik di Desa masing - masing."

Plt. Kepala Dinas PMD Kab. Pekalongan Toharno dalam laporannya menyebutkan Dana Desa di Kabupaten Pekalongan meningkat dari Rp. 263.397.106.000 tahun 2021 menjadi Rp. 263.868.873.000.


© 2022 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan. All Rights Reserved.